Sabtu, 21 Maret 2015

Penjelasan tentang Moodle (E-learning)

 Aplikasi Moodle

Moodle logo merek dagang, versi 2014.png

Sumber : http://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Moodle&prev=search
Moodle adalah sangat fleksibel, perangkat lunak bebas , open source platform pembelajaran. [3] [4] Dengan fitur manajemen pembelajaran yang komprehensif, disesuaikan dan aman, dapat digunakan untuk membuat pribadi situs untuk kursus online yang dinamis. Moodle (singkatan untuk modular object-oriented dinamis lingkungan belajar ), (bergaya dalam huruf kecil seperti moodle) juga dikenal sebagai sistem manajemen pembelajaran , atau lingkungan belajar virtual . Platform ini dapat digunakan untuk e-learning proyek di Universitas, pelatihan perusahaan, sekolah dan sektor lainnya.
Moodle pada awalnya dikembangkan oleh Martin Dougiamas untuk membantu pendidik untuk membuat kursus online dengan fokus pada interaksi dan konstruksi kolaboratif konten, dan dalam evolusi terus-menerus. Versi pertama dari Moodle dirilis pada tanggal 20 Agustus 2002. Saat ini Moodle dibangun oleh proyek Moodle yang dipimpin dan dikoordinasikan oleh Moodle HQ, sebuah perusahaan Australia dari 30 pengembang yang secara finansial didukung oleh jaringan enam puluh perusahaan jasa Moodle Mitra di seluruh dunia.

Ikhtisar

Moodle sebagai platform pembelajaran dapat meningkatkan lingkungan belajar yang ada. [5] Sebagai E-learning tool, Moodle memiliki berbagai fitur standar dan inovatif [ rujukan? ] seperti kalender dan Buku Nilai. Moodle adalah terkemuka lingkungan belajar virtual [6] [ Halaman diperlukan ] dan dapat digunakan dalam berbagai jenis lingkungan seperti pendidikan, pelatihan dan pengembangan [7] [8] dan dalam bisnis pengaturan. [ rujukan? ]

Kegiatan

Ini adalah kelompok fitur dalam Moodle, biasanya diselesaikan oleh siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain, atau dengan guru. [9]
  • Penyerahan tugas [10]
  • Forum untuk diskusi [11]
  • Chatting pesan instan [12]
  • Database sebagai bank entri catatan [13]
  • Istilah, daftar definisi [14]
  • Survey, untuk mengumpulkan data dari siswa [15]
  • Kuis online [16]
  • Modul Wiki [17]
  • Gamification [18]

Plugins

Plugin adalah tool set yang fleksibel, yang memungkinkan pengguna Moodle untuk memperpanjang fitur situs. Ada ratusan plugin untuk Moodle, memperluas fitur fungsionalitas inti Moodle. Setiap plugin dipertahankan di direktori plugin Moodle. [19] infrastruktur Moodle mendukung berbagai jenis plug-in . Banyak Moodle plugin pihak ketiga yang tersedia secara bebas menggunakan infrastruktur ini. [20] pengguna Moodle dapat menggunakan PHP untuk menulis dan memberikan kontribusi modul baru. Pengembangan Moodle telah dibantu oleh karya open-source programmer. [21] Hal ini telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan pesat dan cepat terhadap bug-perbaikan. Secara default Moodle termasuk TCPDF perpustakaan yang memungkinkan generasi PDF dokumen dari halaman.

Tema

Tema grafis untuk Moodle dapat diinstal untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari sebuah situs Moodle atau kursus individu. Banyak tema Moodle tersedia langsung dari Moodle download situs, [22] mulai dari BigBlueButton ke Kehadiran.

Terjemahan

Moodle telah diterjemahkan dalam lebih dari 100 bahasa, tersedia untuk setiap administrator situs untuk menginstal. [23] [ tidak dalam kutipan yang diberikan ] Orang-orang di berbagai negara menjaga dan memberikan kontribusi pada berbagai paket bahasa. [24]

Ponsel

Banyak tema Moodle, berdasarkan desain web responsif , memungkinkan Moodle untuk digunakan dengan mudah pada perangkat mobile . Sebuah Moodle aplikasi mobile yang tersedia di Google Play , [25] App Store (iOS) , [26] dan Telepon Windows Store [27]

Kepatuhan standar elearning

Moodle telah mengadopsi sejumlah standar elearning.
Sharable Konten Obyek Referensi Model (SCORM) adalah kumpulan standar elearning dan spesifikasi yang mendefinisikan komunikasi antara klien konten sisi dan sistem manajemen sisi server belajar, serta bagaimana eksternal menulis konten harus dikemas untuk mengintegrasikan dengan LMS efektif. Ada dua versi: SCORM 1.2 dan SCORM 2004. Moodle adalah SCORM 1.2 compliant, dan melewati semua tes di ADL Kesesuaian test suite 1.2.7 untuk SCORM 1.2. SCORM 2004 tidak didukung di Moodle, namun Rustici Software memiliki plugin Moodle yang dapat mengubah situs Moodle menjadi SCORM sepenuhnya kompatibel 2.004 LMS. [28]
The AICC HACP standar untuk CMI dikembangkan oleh Komite Pelatihan Industri Penerbangan Berbasis Komputer (AICC) dan digunakan untuk memanggil paket konten dan penilaian eksternal menulis. Paket konten AICC didukung di Moodle 2.1 dan versi.
Pengalaman API, juga dikenal sebagai xapi dan sebelumnya disebut sebagai Tin Can API, diselesaikan pada tahun 2014 sebagai pengganti SCORM. Moodle adalah pengguna pertama dari standar xapi melalui plugin masyarakat dibangun untuk meluncurkan kegiatan xapi dari kursus Moodle [29] dan mengekspor hasil kuis sebagai pernyataan xapi. Ada diskusi komunitas yang sedang berlangsung tentang apakah kepatuhan xapi harus dibangun ke Moodle inti.
IMS Paket Konten juga dapat diimpor ke Moodle. Selain itu, kegiatan Moodle Buku dapat diekspor sebagai IMS Paket Konten. [30]
Learning Tools Interoperabilitas (LTI) adalah cara standar untuk mengintegrasikan aplikasi pembelajaran yang kaya (sering remote host dan disediakan melalui layanan pihak ketiga) dengan platform pendidikan. Moodle menggunakan kegiatan Alat Eksternal untuk bertindak sebagai 'LTI konsumen sebagai standar, dan akan bertindak sebagai' penyedia LTI 'menggunakan plugin. [31]

Deployment

Pengguna dapat men-download [32] dan menginstal Moodle pada server Web , seperti Apache HTTP Server , dan sejumlah sistem manajemen database, seperti PostgreSQL , yang didukung. Kombinasi pre-built dari Moodle dengan server Web dan basis data yang tersedia untuk Microsoft Windows dan Macintosh . Cara instalasi otomatis lainnya ada, seperti menginstal Debian paket, menyebarkan siap digunakan TurnKey Moodle alat, [33] menggunakan Bitnami installer, atau menggunakan "satu-klik install" Layanan seperti Installatron . [34]
Beberapa penyedia layanan hosting gratis Moodle memungkinkan pendidik untuk membuat kelas online berbasis Moodle tanpa instalasi atau pengetahuan Server. Bersertifikat Moodle Mitra [35] menyediakan layanan Moodle lainnya, termasuk hosting, pelatihan, kustomisasi dan pengembangan konten. Ini jaringan pengembangan penyedia dukungan dari proyek Moodle melalui royalti. [36]

Interoperabilitas

Moodle berjalan tanpa modifikasi pada Unix , Linux , FreeBSD , Windows , Mac OS X , NetWare dan setiap sistem lain yang mendukung PHP dan database, termasuk sebagian besar penyedia hosting.
Data masuk dalam database tunggal. Moodle versi 1.6 bisa menggunakan MySQL atau PostgreSQL . Versi 1.7, yang dirilis November 2006, membuat penuh penggunaan abstraksi database sehingga installer dapat memilih salah satu dari berbagai jenis server database seperti Oracle dan Microsoft SQL Server .
E-learning sistem elektronik dapat memiliki banyak dimensi interoperabilitas. Fitur interoperabilitas Moodle meliputi:
  • otentikasi, menggunakan LDAP , semboyan , atau berbagai metode standar lainnya (misalnya IMAP )
  • pendaftaran, menggunakan IMS Perusahaan antara metode standar lainnya, atau dengan interaksi langsung dengan database eksternal
  • kuis dan pertanyaan kuis, sehingga impor / ekspor di sejumlah format: GIFT (format moodle sendiri), IMS QTI , XML dan XHTML (NB meskipun ekspor bekerja sangat baik, impor saat ini tidak lengkap). Moodle menyediakan berbagai jenis pertanyaan: dihitung, deskripsi, esai, pencocokan, jawaban tertanam, pilihan ganda, jawaban singkat, numerik, acak pencocokan jawaban singkat, benar / salah.
  • sumber daya, menggunakan IMS Content Packaging , SCORM , AICC (CBT) , LAMS
  • integrasi dengan lainnya Content Management Systems seperti Drupal , Joomla atau Postnuke (melalui ekstensi pihak ketiga)
  • sindikasi, menggunakan RSS atau Atom newsfeeds ; newsfeeds eksternal dapat ditampilkan dalam kursus, dan forum, blog, dan fitur lainnya dapat dibuat tersedia untuk orang lain sebagai newsfeeds.
Moodle juga memiliki fitur impor untuk digunakan dengan sistem khusus lainnya, seperti mengimpor kuis atau seluruh program dari Blackboard atau WebCT. Namun, alat impor ini tidak sempurna. Pada Februari 2010 , Moodle tidak akan mengimpor kursus Blackboard, tampaknya karena perubahan php code-rilis. Beberapa utilitas yang tersedia membantu mengkonversi Blackboard program ke format Moodle ramah. [37]
Pada bulan Maret 2012 Blackboard mengakuisisi dua perusahaan berbasis perangkat lunak Moodle termasuk Baltimore berbasis Moodlerooms Inc dan NetSpot of Adelaide, Australia. [38] The Red Hat situs, Opensource.com, melaporkan bahwa Moodle akan selalu menjadi open source proyek, dengan jelas penggambaran antara Blackboard dan Moodle [39]

Latar belakang

Origins

Martin Dougiamas, yang memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer dan pendidikan , menulis versi pertama dari Moodle. Dougiamas mulai Ph.D. untuk memeriksa "penggunaan perangkat lunak open source untuk mendukung konstruksionis sosial epistemologi belajar mengajar di dalam masyarakat berbasis Internet penyelidikan reflektif. " Meskipun bagaimana tepatnya konstruksionisme sosial membuat Moodle berbeda dari platform eLearning lain sulit untuk menunjukkan, telah dikutip sebagai faktor penting oleh Moodle pengadopsi. [40] [41] pengadopsi Moodle lainnya, seperti Universitas Terbuka di Inggris, telah menunjukkan bahwa Learning Management Systems sama dapat dilihat sebagai "relatif pedagogi-netral". [42]

Pendekatan pedagogis

Filosofi dinyatakan Moodle [43] termasuk konstruktivis dan konstruksionis sosial pendekatan pendidikan, menekankan bahwa peserta didik (dan bukan hanya guru) dapat berkontribusi pada pengalaman pendidikan. Dengan menggunakan pedagogis prinsip, Moodle menyediakan lingkungan yang fleksibel bagi masyarakat belajar. [44]

Asal nama

Akronim Moodle singkatan modular lingkungan belajar yang dinamis berorientasi objek. (Pada tahun-tahun awal "m" berdiri "Martin", dinamai Martin Dougiamas, pengembang asli). Selain sebagai akronim, nama itu dipilih karena definisi kamus Moodle [45] dan sesuai dengan nama domain yang tersedia. [46]
"Moodle" adalah merek dagang di banyak negara di seluruh dunia terdaftar Martin Dougiamas. Hanya bersertifikat Moodle Mitra hukum dapat menggunakan merek dagang untuk mengiklankan layanan Moodle terkait seperti hosting, kustomisasi, pelatihan dan sebagainya.

Moodle statistik dan pangsa pasar

Pada 31 Agustus 2011 :
  • Moodle memiliki basis pengguna dari 55.110 situs yang terdaftar dengan pengguna 44966541 di 4763446 kursus di 214 negara dan lebih dari 75 bahasa. [47]
  • Situs dengan sebagian besar pengguna, moodle.org, memiliki 66 program dan pengguna 1.090.234. Setelah investasi £ 5.000.000 pada tahun 2005, The Open University , Inggris adalah terbesar kedua Moodle penyebaran dengan basis pengguna, dengan pengguna 714310 dan 6093 program. Sebuah daftar lengkap dari sepuluh situs Moodle (oleh kursus dan oleh pengguna) dipertahankan pada moodle.org. [48]
Pada 31 Agustus 2014 :
  • Moodle memiliki basis pengguna dari 88.070 situs yang terdaftar dengan pengguna 76675352 di 8324096 kursus di 241 negara. [47]
Anda dapat menemukan statistik diperbarui pada: https://moodle.net/stats/

Pembangunan

Moodle terus berkembang sejak tahun 1999 (sejak tahun 2001 dengan arsitektur saat ini). Peningkatan besar dalam aksesibilitas fleksibilitas dan tampilan dikembangkan di 1,5. Versi saat ini dapat dilihat di bagian atas tabel rilis, di bawah ini. Ini telah diterjemahkan ke dalam 82 bahasa yang berbeda dan dapat diakses di banyak negara di seluruh dunia.
Tidak harus membayar biaya lisensi atau membatasi pertumbuhan, lembaga dapat menambahkan banyak server Moodle yang diperlukan. The Open University di Inggris saat ini menggunakan instalasi Moodle untuk pengguna 200.000 mereka [49] , sementara pemerintah Inggris menggunakan instalasi Moodle untuk platform Pegawai Negeri Sipil Learning mereka melayani setengah juta karyawan.
Hal ini sering dikenal untuk masing-masing departemen lembaga untuk menggunakan fitur unlimited, seperti departemen matematika dari University of York .
Pengembangan Moodle terus sebagai proyek perangkat lunak bebas didukung oleh tim programmer dan komunitas pengguna internasional, menggambar atas kontribusi diposting ke situs online Moodle Komunitas yang mendorong perdebatan dan mengundang kritik.
Pengguna dapat dengan bebas mendistribusikan dan memodifikasi software di bawah ketentuan GNU General Public License versi 3 atau versi yang lebih baru. [2]
Karena Moodle adalah sebuah perangkat lunak open source, dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan e-learning proyek untuk Universitas, pelatihan perusahaan, sekolah dan sektor lainnya.

Pers

Cabang Asli
tanggal rilis
Versi Versi
tanggal rilis
Dukungan Model Catatan rilis
1.0 20 Agustus 2002 1.0.9 30 Mei 2003 EOL
1.1 29 Agustus 2003 1.1.1 11 September 2003 EOL
1.2 20 Maret 2004 1.2.1 25 Maret 2004 EOL
1.3 25 Mei 2004 1.3.5 9 September 2004 EOL
1.4 31 Agustus 2004 1.4.5 7 Mei 2005 EOL
1.5 5 Juni 2005 1.5.4 21 Mei 2006 EOL URL
1.6 20 Mei 2006 1.6.9 28 Januari 2009 EOL URL
1.7 7 November 2006 1.7.7 28 Januari 2009 EOL URL
1.8 30 Maret 2007 1.8.14 3 Desember 2010 EOL URL
1.9 3 Maret 2008 1.9.19 9 Juli 2012 EOL (Dipertahankan dari Maret 2008 sampai Juni 2012. pihak ketiga diperpanjang dukungan sampai Desember 2013) [50] URL
2.0 24 November 2010 2.0.10 9 Juli 2012 EOL (Dipertahankan dari November 2010 hingga Juni 2012) URL
2.1 1 Juni 2011 2.1.10 14 Januari 2013 EOL (Dipertahankan dari Juni 2011 hingga Desember 2012) URL
2.2 5 Desember 2011 2.2.11 8 Juli 2013 EOL (Dipertahankan dari Desember 2011 hingga Juni 2013) URL
2.3 25 Juni 2012 2.3.10 11 November 2013 EOL (Dipertahankan dari Juni 2012 hingga Desember 2013) URL
2.4 3 Desember 2012 2.4.7 11 November 2013 EOL (Dipertahankan dari Desember 2012 hingga Juni 2014) URL
2.5 14 Mei 2013 2.5.9 10 November 2014 EOL (Dipertahankan dari Mei 2013 sampai November 2014) URL
2.6 18 November 2013 2.6.6 10 November 2014 EOL (Dipertahankan dari Desember 2013 sampai November 2014) URL
2.7 12 Mei 2014 2.7.7 10 Maret 2015 Aktif (Dipertahankan dari Mei 2014 sampai Mei 2017) URL
2.8 10 November 2014 2.8.5 10 Maret 2015 Aktif (Dipertahankan dari November 2014 sampai Juni 2016) URL
Legenda:
Versi lama
Versi yang lebih tua, masih didukung
Versi terbaru

Sertifikasi

Sejak tahun 2006 telah ada sertifikasi resmi tersedia untuk guru menggunakan Moodle. Awalnya disebut Guru Sertifikat Moodle (MTC), ini namanya pada tahun 2008 dengan Moodle Course Creator Certificate (MCCC). MCCC hanya tersedia melalui Moodle Partners, dan melalui Central Layanan Sertifikasi. Diskusi sedang berlangsung mengenai seorang pejabat Moodle Administrator Sertifikat.

Konferensi Moodle

Sebuah MoodleMoot adalah konferensi bagi anggota masyarakat Moodle, diadakan untuk belajar tentang Moodle, berbagi pengalaman dari platform pembelajaran, membahas penelitian dalam teknologi pendidikan terkait dan menyumbangkan ide-ide untuk pengembangan Moodle masa depan. [51] Diadakan di seluruh dunia, MoodleMoots diorganisir oleh universitas , Moodle Partner, asosiasi Moodle Moodle dan HQ. [52]
Moodle Calendar [53] memiliki pengumuman MoodleMoots.

Lihat juga

Referensi

  • "Pers" . Moodle. Diperoleh 16 Juni 2014.
  • "Moodle License" .
  • "TFD Encyclopedia - Moodle" .
  • The Encyclopedia of Distance Learning, Vol1 .
  • "Teknologi yang menempatkan kelas di laptop siswa" . Adam Stanley, The Globe and Mail.
  • "2014 Survey of Technology Ditingkatkan Belajar untuk pendidikan tinggi di Inggris" . UCISA Richard Walker, Julie Voce, Joe Nicholls, Elaine Swift, Jebar Ahmed, Sarah Horrigan dan Phil Vincent.
  • "E-learning" . http://www.cpce-polyu.edu.hk/itu/new/ : Satuan Teknologi Informasi (ITU). Diperoleh 2011/03/01. Moodle adalah sebuah platform e-learning terkenal di perguruan tinggi. Banyak universitas dan perguruan tinggi menggunakan Moodle sebagai sistem pembelajaran online dalam mengajar sehari-hari dan belajar. Moodle adalah software open source gratis itu berarti pengembang dapat membuat modifikasi berdasarkan kebutuhan mereka. CPCE memutuskan untuk menggunakan Moodle sebagai e-learning platform untuk HKCC dan SPEED dari tahun akademik 2009/10 dan seterusnya.
  • "E-Learning Fitur" . http://www.cpce-polyu.edu.hk/itu/new/ : Satuan Teknologi Informasi (ITU). Diperoleh 2011/03/01. Moodle berfungsi sebagai e-learning platform online untuk memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa. Beberapa fitur umum yang disediakan oleh Moodle tercantum di bawah ini. 
  • "Bagaimana Gamify Moodle di 20 Menit" . Frederic Nevers.
  •  
  • "Modul dan Plugin" . Moodle.org.
  • "Tentang Moodle" . Dokumentasi Moodle.org.
  • "SCORM Cloud Moodle Integrasi" . scorm.com.
  • "Peluncuran eksternal kegiatan API Tin Can dari Moodle dan melacak pada setiap LRS." . Andrew Downes pada Moodle.org Forum.
  • "Alat Eksternal" .
  • "Moodle Downloads" . Moodle.
  •  
  • http://www.installatron.com/moodle
  • "Daftar Moodle Mitra" . Moodle.
  • "Bagaimana cara kerja Mitra Moodle?" . Moodle.
  • "Blackboard migrasi" . moodle.org.
  • "Blackboard membuat akuisisi Moodle" . bizjournals.com.
  • "Moodle akan selalu menjadi proyek open source" . opensource.com.
  • Weller, M. (2006). "VLE 2.0 dan arah masa depan dalam lingkungan belajar". Prosiding pertama LAMS Konferensi di Sydney.
  • McMulli & Munroe (2004). "VMoodle di DCU" .
  • Sclater, Neil (2008). "Sebuah skala besar Open Source Sistem eLearning di Universitas Terbuka" . Educase.
  • "Open-Source Learning Management System" . Moodlerooms.
  • "Definisi Moodle" . Semua Kata-kata.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar